Optimasi SEO On Page & Of Page Pada Title, Tag, Gambar

Optimasi SEO On Page & Of Page Pada Title, Tag, Gambar

Seorang blogger tidak akan lepas dari istilah yang namanya SEO. Kita tahu bahwa tujuan utama dari seo sebenarnya adalah upaya yang dilakukan untuk menempatkan posisi website atau blog kita berada pada posisi teratas atau juga pada halaman pertama pada suatu mesin pencari seperti Google, yahoo, yandex, mesin telusur lainnya.

Logikanya, jika suatu website berada pada posisi teratas di mesin pencari tersebut, maka secara otomatis situs atau website yang kita kelola memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung yang banyak.

Ada dua jenis optimasi SEO Teknik yang akan kita bahas pada artikel ini, iya itu yang pertama Seo On Page dan Seo Of Page.

Apa itu Seo on page?

Optimasi SEO On Page & Of Page Pada Title, Tag, Gambar
Optimasi SEO On Page & Of Page Pada Title, Tag, Gambar 
Siwon yang merupakan strategi atau teknik yang dilakukan di halaman atau blog website yang dimiliki untuk bisa mempengaruhi peringkat pada mesin pencari, atau dengan kata lain optimasi website.

Berikut ini beberapa faktor terpenting yang harus anda perhatikan dalam melakukan optimasi Seo on page dan off page.

1. Tittle Tag Pada Blog / Website

Untuk membuat judul pada web atau blog anda, jangan lupa untuk memasukkan beberapa kata kunci pada judul di website. Ada banyak contoh judul yang efektif yang bisa anda lihat di internet untuk membuat title Tag.

Titel yang direkomendasikan oleh mesin telusur Google tidak lebih dari 32 karakter atau tidak lebih dari 80 karakter. Anda bisa menggunakan tool SEOMOFO untuk mengeceknya.

2. Heading

Umumnya mesin pencari telusur seperti Google Yahoo yang lebih memperhatikan kata kunci pada heading yang dimiliki oleh blog atau website tersebut atau juga bisa subjudul pada website.

Maka dari itu ada baiknya jika menargetkan kata kunci atau kata fokus judul pada heading di setiap halaman web tersebut.

Tetapi jangan lupa pula bahwa Heading tersebut memang berkaitan dengan konten yang dibuat Kalau tidak ada hubungannya, Google akan menilai bahwasanya konten anda tidak relevan dengan yang dibahas.

3. URL (Permalink)

Kalau bisa, anda juga dapat memasukkan kata kunci pada bagian struktur url Anda dapat dilihat secara otomatis oleh mesin pencari. Akan tetapi bukan berarti harus mengganti url lama website.

Kecuali jika memang ingin mengarahkan pengunjung dari halaman lama ke halaman baru.

4. Alt Text Gambar

Gambar merupakan ilustrasi tentang apa yang kita bahas pada suatu website. Untuk itu gambar pada blog ataupun website adalah untuk membuat halaman lebih menarik lagi ketika membuat gambar di blog atau website jangan lupa untuk menambahkan alt text.

Hal ini tidak akan dilihat oleh pengunjung. akan tetapi lebih ditunjukkan kepada mesin pencari agar gambar yang di unggah tersebut termasuk di dalam kata kunci yang akan dicari oleh pengunjung melalui gambar pada mesin penelusuran Google.

5. Perhatikan kecepatan website atau blog

Banyak orang yang menyepelekan tentang kecepatan website yang dikelaola. padahal, Google sangat merekomendasikan kita untuk mempercepat kinerja blog atau website yang kita miliki.

Buktinya, Google telah merilis tentang page speed test fitur baru yang mereka kembangkan untuk mengecek kecepatan blog atau website kita.

Semakin cepat website atau blog yang kita kelola maka akan terlihat lebih bagus dimata Google.

Tak hanya itu, pengunjung pun demikian akan menyukai website atau blog yang memiliki kecepatan di bawah 3 detik untuk membuat semua halaman terlihat.

6. Perhatikan internal link

Internal link ini bertujuan agar pengunjung memiliki waktu yang lama ketika berada pada website atau blog yang kita miliki. Dengan begitu, penilaian Google terhadap website akan bagus dikarenakan menurunkan bounce rate.

Beberapa jenis optimasi Seo on page yang perlu diperhatikan. Inti dari Seo on page dapat membantu website atau blog Anda agar lebih mudah dibaca atau dicari oleh pelanggan yang berpotensial akan mendatangkan pengunjung.

Jika optimasi on page anda bagus search engine optimization Google dengan mudah untuk mengindeks halaman website Anda. selain itu juga bisa mengarahkan mereka untuk melihat beberapa struktur dan konten pada situs yang anda kelola sehingga bisa memberi peringkat situs Anda pada mesin pencari di halaman utama Google.

Seo off page

Seo off page merupakan teknik SEO yang dilakukan diluar blog ataupun website yang kita miliki. Pemilik blog atau website harus melakukan optimasi dari luar halaman web nya untuk mendapatkan pengunjung masuk ke website berdasarkan Link yang direkomendasikan.

Cara yang bisa dilakukan adalah seperti menyebarkan link di berbagai social media seperti Facebook Twitter Google Plus dan Instagram.

Selain dengan cara share artikel yang sudah kita buat melalui sosial media, pemilik blog tersebut juga bisa membuat fanspage atau blog khusus untuk menuju web yang kita miliki link artikel yang telah di pos tersebut.

Semakin banyak Link yang masuk ke pada blog atau website yang kita kelola maka semakin bagus penilaian di mata Google. Dengan catatan, website atau blog yang merekomendasikan kepada artikel kita bukanlah blog abal-abal blog yang berunsur ilegal.

Ini hal yang harus anda lakukan untuk optimasi Seo off page.

1. Membagikan artikel yang sudah dibuat di sosial media.

Jika artikel yang anda buat bagus dan memberikan solusi yang baik kepada pengguna, maka secara otomatis postingan atau artikel yang sudah anda buat akan dengan mudah sahre kembali oleh pengguna lainnya di sosial media tersebut.

Untuk itu cobalah membuat konten dan artikel yang memang memberikan informasi ataupun solusi yang baik.

2. Membuat postingan pada blog yang memiliki Pa Da yang besar.

Teknik optimasi SEO off page yang nomor 2 ini paling banyak dilakukan oleh para blogger. Di mana antara blogger 1 blogger 2 blogger 3 bekerjasama untuk menanamkan Line yang blog mereka.

Ini bertujuan untuk memutar antara dari blog 1 menuju ke link pada blog 2 dan menuju ke link pada blog 3 dan menuju kembali pada bloh satu.

Dengan teknik seperti itu pembahasan atau artikel yang anda paparkan di artikel tersebut memiliki bobot di mata mesin pencari dikarenakan memiliki beberapa referensi serta mendapatkan backlink yang kembali.

Dan sebenarnya, kualitas dari suatu konten atau artikel yang telah anda tulis adalah hal yang terpenting yang harus anda lakukan, agar mendapatkan tautan yang bagus sehingga bisa meningkatkan Seo off page pada halaman anda.


Kesimpulan
Perbedaan antara Seo on page dan Seo off page adalah suatu optimasi yang dilakukan di internal dan eksternal.

Jika Seo on page, adalah upaya yang kita lakukan pada blog atau website yang kita kelola agar memiliki kualitas yang bagus di hadapan mesin pencari ataupun pengguna. Serta lengkap dalam pembahasan baik itu foto ataupun video yang kita unggah.

Sedangkan untuk seo of page , merupakan cara yang bisa kita lakukan untuk optimasi Website kita dari luar dengan cara memberi link masuk terhadap blog atau website yang kita kelola.

Anda mungkin menyukai postingan ini