Cara Format Memory SD Card Di HP Oppo

Cara Format Memory SD Card Di HP Oppo

Ponsel android memiliki cara berbeda-beda untuk dapat melakukan format data pada memory card yang digunakan. Di aritikel ini kami lebih fokus untuk membagikan cara format memory card di hp oppo. 

SD Card atau yang juga dikenal dengan istilah memori eksternal pada smartphone merupakan sebuah kartu berukuran mikro yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data tanpa melibatkan memori internal.

Tetapi punya fungsi yang sama sebagai media penyimpanan ada beberapa hal yang membuat seseorang melakukan formating atau reset pada SD Card atau kartu memori eksternal mereka salah satunya kartu SD yang rusak atau bersarangnya virus pada memori eksternal. 

Mungkin hal tersebut jarang sekali terjadi bagi para pengguna smartphone tetapi faktanya tetap saja ada virus yang bisa bersarang pada SD Card sebuah smartphone.

nah ada cara mudah melakukan format SD Card tanpa root atau tanpa aplikasi seperti yang akan saya jelaskan pada artikel kali ini dimana kita akan melakukan format atau menghapus data pada kartu memori eksternal pada HP Oppo.

Cara Mudah Format Memory SD Card di HP Oppo 

Untuk langkah formatting atau penghapusan datanya sendiri sangatlah mudah dan tidak memakan banyak waktu.

hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa melakukan format SD Card atau memori eksternal kebetulan disini saya menggunakan Hp Oppo dan mungkin saja tutorial sedikit berbeda jika dilakukan di smarpthone lain.

Dan berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan formatting atau penghapusan data SD Card

  • Buka Pengaturan dan masuk menu Penyimpanan
  • Pilih tab menu SD Card atau Kartu SD
  • Pilih Hapus Data.
Jika masih kurang jelas mari simak gambar berikut ini.
Silahkan masuk ke menu pengaturan tambahan kemudian pilih menu penyimpanan maka akan dibawa ke jendela berikutnya.

nah terakhir untuk bisa melakukan format atau penghapusan data pada SD Card yang harus dilakukan yaitu menekan tombol Hapus Kartu SD maka otomatis ketika menekan menu tersebut semua data yang tersimpan pada kartu SD akan hilang.

Sangat disarankan sebelum melakukan formatting atau penghapusan data di memori eksternal untuk melakukan backup terlebih dahulu atau pencadangan data ke tempat yang aman agar data-data penting tidak hilang begitu saja.

Anda mungkin menyukai postingan ini